Berinteraksi sosial melalui diskusi kelompok


Berinteraksi sosial melalui diskusi kelompok
Diskusi kelompok tentunya kita sebagai pelajar atau mahasiswa sudah sering mendengar kata-kata tersebut bukan dan tentunya ini sudah tidak asing lagi bagi kita ,menurut anda apakah arti diskusi kelompok tersebut?
Menurut beberapa ahli diskusi kelompok mereka definisikan dalam hal berikut
Moh. Surya (1975:107) mendefinisikan diskusi kelompok merupakan suatu proses bimbingan dimana murid-murid akan mendapatkan suatu kesempatan untuk menyumbangkan pikiran masing-masing dalam memecahkan masalah bersama. Dalam diskusi ini tetanam pula tanggung jawab dan harga diri.
Moh. Uzer  Usman (2005:94) menyatakan bahwa diskusi kelompok merupakan suatu proses yang teratur yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang informal dengan berbagai pengalaman atau informasi, pengambilan kesimpulan atau pemecahan masalah.
Dan menurut saya pribadi diskusi kelompok merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang didalamnya terdapat lebih dari 1 orang dengan interaksi individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok dengan maksud dan tujuan untuk mendapatkan 1 pemikiran yang sama dan sejalan
Dan apa hubungan nya diskusi kelompok dengan Interkasi social?yup..diskusi kelompok merupakan salah satu jenis interaksi social individu dengan kelompok karena pastinya tiap-tiap individu harus berinteraksi melalui diskusi guna mendapat jawaban yang memuaskan,,maka dari itu sangat penting kita membiasakan diri untuk berinteraksi dengan orang lain saat kita sedang hadir atau terlibat dalam suatu diskusi kelompok karena interaksi merupakan kunci kita untuk menjalin jembatan komunikasi dan membuat kiat mengerti satu sama lain al hasil jawaban yang sepakat pun bias didapatkan melalui interaksi antar individu dengan kelompok atau sebaliknya bila dilakukan dengan benar.

0 comments:

Post a Comment


Followers

About Me

Friends

welcome to jhens world selamat datang di jhens world moshi-moshi