Membuat Account List di MYOB premier v 12


Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat Account List di MYOB,dan MYOB yang saya pakai adalaha MYOB Premier v 12 dikarenakan lebih flexibel dengan pc saya.lalu saya akan menjelaskan langkah-langkah nya dari awal.pertama-tama buka dahulu aplikasi MYOB ,lalu klik tombol Create seperti yang terdapat pada Gambar.1.setelah itu akan muncul tampilan seperti Gambar.2,lalu baca keterangan yang ada di introduction sebentar,itu merupakan kata-kata pengantar dari program MYOB.langkah kedua klik tombol Company Information dan akan muncul seperti gambar dibawah ini.

 
 
Gambar1.Tampilan Company Information


 Saya  mengisi form tersebut dimulai dari Company name,karena serial number hanya untuk pelanggan MYOB saja,bila diabaikan pun kita tetap bisa menggunakan MYOB.isikan Company name atau nama perusahaan sesuka anda,saya sendiri mengisi dengan nama saya sendiri lalu lewati no UEN dan GST.dan pilih UEN dengan type business karena saya ingin melakukan investasi bertipe bisnis.lalu isikan data-data yang lain seperti Address,Phone number,fax number,email address sesuai dengan data kita sendiri.selanjutnya kita pilih Accounting Information disini MYOB akan meminta kita untuk memberitahunya sampai kapan lamanya kita melakukan akunting.

Lalu klik tombol Accounting Information,lalu akan didapati tampilan seperti ini


 Gambar.2 Tampilan Accounting Information


Saya mengisi sesuai default bawaan MYOB Premier v 12 nya saja agar lebih mudah dan praktis namun bili ingin dirubah maka fungsi Current Financial berfungsi untuk menetukan tahun finansial perusahaan kita,Last Month of Financial Year untuk batas akhir finansial dalam jangka waktu bulan,serta Conversion month untuk menentukan awal transaksi yang akan kita lakukan,lalu Number of Accounting periods untuk nommor periode akuntansi.

Lalu setelah selesai mengisi beralih ke tombolAccount List,klik tombol tersebut lalu akan muncul tampilan berikut
 Gambar.3 Tampilan Accounts List


Lalu pilih “I would like to build my own accounts list once I begin using MYOB Premier” dikarenakan saya membuat Company file sendiri dan bukan company file yang disediakan oleh MYOB Premier v 12 ini.setelah itu ke menu berikutnya.


Dengan mengklik tulisan Company File maka akan muncul tampilan beri




Gambar.4Company File                                                 

 
 Gambar.5 Tampilan Conclusion


MYOB akan memberitahukan tempat penyimpanan file kita ,bila ingin mengganti maka klik Change lalu klik Conclusion maka akan muncul tampilan seperti pada Gambar.8 Setelah itu saya memilih Command center dikarenakan disini fitur MYOB yang disediakan sangat lengkap.setelah selesai maka klik next dan akan muncul tampilan lembar Akunting MYOB.
Seperti Gambar dibawah ini lalu pilih Accounts untuk membuat lembar akunting yang baru.

 
 Gambar.6 Accounts

  Dan klik Accounts List lalu MYOB akan muncul tampilan berikut

Gambar.7 Lembar Account list     


 Setelah itu saya merubah nya seperti yang terdapat pada Laporan Keuangan dari Lab TI seperti gambar berikut.
Gambar.8 latihan


Saya memulai nya dengan asset ,klik asset dan saya merubah nama asset menjadi AKTIVA dengan cara mengklik edit lalu muncul tampilan berikut


Gambar.9 Tampilan Profile

Namun balance tidak bisa dirubah dikarenakan Profile Aktiva tersebut bertipe Header jadi dia akan menghitung secara otomatis,setelah itu klik ok dan saya lanjut ke Aktiva lancar dan merubahnya menjadi header dikarenakan aktiva lancar tersebut masih bertipe Asset setelah itu saya beralih ke account selanjutnya dan merubah name nya menjadi Kas dan memberikan asset dengan harga $2,000,000.00 dan merubahnya menjadi detail Account agar bisa dirubah Opening Balance nya dikarenakan Kas Akan selalu bertambah seperti gambar berikut

 

Gambar.10 Profile Account Kas

Hal yang sama saya terapkan pada Account selanjutnya dan merubah name nya dengan nama Kas kecil dengan opening balance $500,000.00 namun di account selanjutnya saya menerapkan langkah seperti pada account Aktiva dengan menamainya Bank dikarenakan Bank bertipe asset dan secara otomatis akan merubah opening balance nya sendiri lalu ke account selanjutnya saya kembali menerapkan account ini seperti account kas dengan menamainya bank pasifik dan merubah opening balancenya menjadi $45,750,000.00 lalu setelah itu account bank pasifik tersebut akan menjorok ke dalam dengan sendirinya dibaratkan account tersebut seperti sub bab dari account bank yang menjadi header langkah selanjutnya pun sama saya merubahnya dengan cara seperti berikut:

Account Number : 1- 1112
Account Name     : Bank Atlantik
Opening Balance : $23,000,000.00
Detail Account

Account Number : 1- 1120
Account Name     : Piutang Usaha
Opening Balance : $49,500,000.00
Detail Account

Account Number : 1- 1130
Account Name     : Piutang Karyawan
Opening Balance : $0.00
Detail Account

Lalu saya merubah Account-account lain sampai seperti contoh di  Gambar.12 Output
Lalu setelah selesai ,apabila ada account yang tidak menjorok kedalam maka klik  account tersebut dan klik tombol Down,dan hasil nya akan seperti pada Gambar.12 di output namun jika kita lihat dipojok sebelah kanan akan ada tampilan nama perusahaan yang telah kita buat seperti gambar berikut:

Gambar.11 Nama perusahaan


Nah maka Outputnya akan seperti gambar berikut ini


Gambar.12 Output

2 comments:

Unknown said...

apakah myob semua versi mempunyai intruksi yang sama, karena berbeda dengan myob accounting

Unknown said...

Good morning clearance stop by and listen to the article you serve in this site
we loved it, nice, simple and useful
Thank you
visit

Obat Herbal Penyakit Hipertiroid Paling Ampuh

Obat Herbal Untuk Penyakit Kelenjar Tiroid
Obat Herbal Sakit Pinggang
Obat Herbal Disentri
Obat Herbal Infeksi Usus Besar
Obat Herbal Gondongan
Obat Herbal Radang Usus Besar
Obat Herbal Penyakit Gondok
Obat Herbal Wasir
Obat Herbal Ambeien
Obat Herbal Stroke
Obat Herbal Asam Urat
Obat Herbal Disentri
Obat Herbal Disentri
Obat Herbal Disentri

Post a Comment


Followers

About Me

Friends

welcome to jhens world selamat datang di jhens world moshi-moshi