Interaksi sosial

Interaksi sosial
  interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara manusia dengan manusia lainnya  demi menjaga hubungan nya sebagai makhluk sosial dengan saling berkomunikasi satu sama lain karena tanpa berinteraksi seseorang akan sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain namun di jaman ini interaksi sosial pun dapat dilakukan di dunia maya karena interaksi sosial itu bersifat fleksibel dan bisa terjadi dimana saja baik dikampus,sekolah bahkan tempat umum
   
Jenis-jenis interkasi sosial

·         interaksi antara individu(perseorangan)dengan individu lainnya maksudnya interaksi yang terjadi antar individu dengan individu lainnya melalui komunikasi antar individu

·         interaksi antara individu dengan kelompok maksudnya ialah interaksi yang terjadi antara individu dengan kelompoknya atau lingkungan sekitarnya

·         interaksi antara kelompok dengan kelompok lainnya maksudnya ialah interaksi yang terjadi antara kelompok dengan kelompok lainnya

Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
-adanya topik pembicaraan(topik yang dibahas)
-adanya  komunikasi yang terjadi antar 2 orang individu atau lebih baik secara lisan maupun tulisan
-adanya informasi yang diberikan oleh salah seorang individu atau lawan bicara yang membuat lawan bicaranya tertarik
Contoh-contoh:
Interaksi sosial di kampus
Seperti yang kita tahu bahwa interaksi sosial dapat dilakukan di berbagai tempat terutama ditempat pembelajaranseperti di kampus, komunikasi di kampus dapat saling membuat kita mengenal teman-teman kita di kampus bahkan bisa mempererat hubungan pertemanan karena tanpa suatu komunikasi seseorang tidak akan bisa mengenal orang-orang disekitarnya dikarenakan interaksi sangat berperan penting bagi makhluk sosial saya pun sangat merasakan betapa pentingnya interaksi karena tanpa berinteraksi biasanya manusia sulit untuk mengenali lingkungan dan sekitarnya terutama orang-orang yang sering mereka temui dan saya pun mengalami pengalaman tersebut ketika pertama kali saya kuliah memang saya rasa sulit untuk berinteraksi dengan teman-teman karena rata-rata kami belum saling mengenal satu sama lain,namun ketika saya mulai membuka topik pembicaraan dan mulai mengenalkan diri akhirnya mereka pun bisa berinteraksi dengan saya pentingnya komunikasi dan interaksi dapat saya rasakan dimanapun apalagi di tempat umum seperti dikampus ini yang menurut saya interaksi itu sangat diperlukan dan memang harus dilakukan,namun saya pun merasa saya harus bisa berinteraksi dengan orang lain lebih baik lagi,karena saya pun ingin memberkati seseorang melalui banyak hal yang dibicarakan terutama soal kehidupan sehari-hari dan permasalahan-permasalahan hidup,karena dahulu pertama saya memasuki dunia kampus saya merasa canggung berinteraksi namun ketika saya mulai memberanikan diri akhirnya saya bisa mengenal orang-orang disekitar saya yang saya pikir meraka tidak mau berinteraksi dengan saya  interkasi sosial di kampus merupakan hal yang sangat utama karena dengan begitu saya bisa mengenal teman-teman di kampus saya satu sama lain sehingga saya pun tidak merasa sendiri    

Oleh:Jhen's Fernando S

0 comments:

Post a Comment


Followers

About Me

Friends

welcome to jhens world selamat datang di jhens world moshi-moshi