Konsep Dasar New Media

 
Konsep Dasar New Media

Nama:Jhen's Fernando S
NPM :53411818
Kelas :2IA09

Definisi new Media
Dalam artian luas Media baru  atau New Media adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.)

Dalam pengertian sederhana,

   New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. dan terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb.jadi dapat disimpulkan New Media adalah S


Pandangan Tentang New Media
Pandangan beberapa ahli tentang new media
Kehadiran New Media memunculkan adanya perspektif dari beberapa pakar. Diantaranya adalah McLuhan dan Manuel Castells.

Menurut McLuhan, kehadiran New Media dapat membuat sebuah proses komunikasi menjadi global, sehingga menyebabkan mengapa dunia saat ini disebut dengan Global Village.
McLuhan mengatakan bahwa dunia akan menjadi satu desa global (Global Village) dimana produk produk yang ada akan menjadi cita rasa semua orang. Global Village menjelaskan bahwa tidak ada lagi batas waktu dan tempat yang jelas. Informasi dapat berpindah dari satu tempat ke belahan dunia lain dalam waktu yang sangat singkat dengan menggunakan teknologi internet.
Global Village adalah konsep mengenai perkembangan teknologi komunikasi di mana dunia dianalogikan menjadi sebuah desa yang sangat besar. McLuhan memperkenalkan konsep ini pada awal tahun 60-an dalam bukunya yang berjudul Understanding Media: Extension of A Man. Konsep ini berangkat dari pemikiran McLuhan bahwa suatu saat nanti informasi akan sangat terbuka dan dapat diakses oleh semua orang

Manuel Castells mengatakan, ia mengemukakan bahwa bukanlah sebuah ‘desa’ yang dikatakan seragam , melainkan masyarakat dalam jaringan global yang saling terhubung lewat New Media, Network society. Menurutnya, media tidak lagi merupakan Media Massa melainkan menjadi media jaringan, atau jaringan interaktif multimedia, yang akan menjadikan komunikasi dunia suatu jaring-jaring raksasa, suatu dunia yang saling terhubung.
Di ibaratkan sebagai berikut: manusia sebagai laba-laba yang membangun jaring-jaringnya, dimana teknologi informasi dalam berbagai fitur dan bentuk sebagai new media elektronik interaktif yang hidup di tengah jaringan tersebut. Jaring-jaring tersebut menjadi sarang dan alat untuk mencari makan, dimana laba-laba dan jaring adalah bentuk yang tak terpisahkan.
Teori Castells tentang network society adalah sebuah bentuk jaringan yang mewakili morfologi sosial baru sebuah masyarakat dan penyebaran logika networking secara substansial memodifikasi operasi dan hasil di dalam proses produksi, pengalaman, kekuasaan, dan budaya.
Menurut Pandangan penulis ,new media merupakan sesuatu yang baru yang muncul di abad ke-20 yang diibaratkan  seperti “ Sistem Pernafasan media sebagai darahnya( Perantara) dan manusia sebagai oksigennya(Pengguna) dimana darah  terus mengalirkan Oksigen ke paru-paru jantung dan seluruh Tubuh sehingga satu sama lain saling berhubung dan membentuk suatu sistem yang dinamakan  SISTEM PERNAFASAN dan satu sama lain mempunyai peranan yang sangat penting,tanpa darah oksigen taakan mengalir dan tanpa oksigen maka tidak ada sistem pernafasan”.Maka dari itu antara Media dan Pengguna sangat berhubungan erat dan mempunyai peranan yang penting dalam menciptakan new media atau Media Baru ,karena Media Baru tercipta dari kebutuhan para pengguna nya untuk saling berhubungan dengan perantara media contohnya Jejaring social,yang sangat berpengaruh besar dalam Perkembangan Teknologi, Komunikasi dan informasi.

Manfaat New Media
Manfaat New Media sangat banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari ,seperti beberapa bidang-bidang berikut ini:

-Bidang Pendidikan
Dapat menjadi sarana belajar dan saling bertukar informasi untuk pelajar  bahkan  dapat digunakan untuk  mencari sumber informasi seperti Wikipedia dan lainnya,dan sistem baru yang disebut E-learning yang memudahkan sistem pembelajaran.
-Bidang Bisnis
Sangat berguna sebagai perantara Jual beli secara online sehingga memudahkan para penjual maupun pembeli untuk bertransaksi contohya seperti Toko Bagus,Rakuten dan Online Shop lainnya.

-Bidang Sosial
New media berpengaruh besar dalam bidang Sosial atau disebut Jejaring social yag berfungsi sebagai medium Komunikasi bagi para pengguna internet untuk bersosialisasi contohnya facebook,Twitter,Hello What’s up dan media social lainnya
-Bidang Informasi(berita)
New Media memegang peranan penting dalam bagian ini karena berfungsi sebagai penghantar informasi  dan memberitakan kabar-kabar atau hal-hal yang terbaru untuk para pembaca nya.contoh kompas.com,detikcom

-Bidang Pekerjaan
Sebagai media untuk mencari,memberitakan,memuat sebuah lowongan kerja sehingga memudahkan para penggunanya.contoh jobsdb

Komponen-komponen New Media
Pada new media ada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai
-Pembuat merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.

-Penyalur adalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.

-Sedangkan Pemakai adalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.




Aplikasi New Media
New media sendiri tercipta dari interaksi antara masyarakat dengan computer dan internet ,dan saat ini peimplementsian new media sudah semakin banyak dan semakin kompleks bahkan semakin berkembang kegunaanya dari sekedar member informasi sampai bersosialisasi dan bahkan sebagai media hiburan contohnya.

1.Jejaring Sosial
 Dalam bidang jejaring social dapat kita temukan banyak sekali kegunaan atau peran new media contoh peimplementasiannya seperti facebook,twitter dan lain-lain
2.Sarana hiburan
 Dalam bidang ini pengimplementasian new media sangat nyata contohnya seperti Youtube,vimeoo yang digunakan untuk melihat,mengupload atau bahkan mendownload sebuah video di internet.
3.Sarana Informasi(berita)
Dalam bidang ini new media diimplementasikan sebagai media informasi untuk melihat berita contoh nya detikcom,kompas.com dan lainnya.
4.Sarana Jual beli
Dalam bidang ini new media diimplementasikan sebagai media jual beli untuk pembeli dan penjual seperti Berniaga.com,Toko Bagus.com dan lain-lain.
Dari beberapa pengaplikasian diatas saya mengambil 1 contohnya:
Yaitu  Facebook yang mengimplementasikan new media sebagai  media social dengan memanfaatkan koneksi internet dengan begitu para pengguna dari seluruh dunia dapat terhubung satu sama lain dan bisa berinteraksi.
Kekurangan dan kelebihan new media
New media pun mempunyai beberapa kekurangan dan kelebihan di antara lain :
*Kekurangan

-Menyebabkan seseorang malas karna hanya mengandalkan keinstatnan internet contohnya orang yang malas mengerjakan tugas akan mencari di google dan mengcopy paste saja.
-Menimbulkan kesempatan untuk tindakan criminal karna bebas diakses oleh semua kalangan.
-Memberikan doktrin yang kurang baik pada kalangan dibawah umur karena semua orang bisa    menggunakannya.
*Kelebihan
-Memudahkan kita mencari informasi.
-Memudahkan kita berinterakasi ke luar negri.
-Memudahkan kita membuat sarana pembelajaran
-Sebagai media hiburan
-Memudahkan kita melakukan transaksi jual beli
Sedangkan pada peimplementasiannya yaitu face book saya juga akan menuliskan kekurangan dan kelemahannya yang saya refrensikan dari http://nurman-nurhakim.blogspot.com/2010/05/kelebihan-dan-kekurangan-facebook.html dan http://teknologi.kompasiana.com/internet/2010/10/08/kelebihan-dan-kekurangan-facebook/

  • Kelebihan facebook
  1. Membantu kita untuk mendapatkan teman.
  2. Bagi yang mempunyai bisnis facebook ini bisa membantu untuk mempromosikan bisnis kita.
  3. Kalau kita mempunyai saudara jauh situs ini bisa membantu kita untuk berkomunikasi dengan saudara jauh.
  4. Bisa memberikan informasi yang tidak kita ketahui kepada kita.
  • Kekurangan facebook
  1. Bisa membuat para pelajar menjadi malas untuk belajar.
  2. Memberikan kesempatan bagi para orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan.
  3. Membuat kita menjadi boros karena kita membeli pulsa dan kewarnet terus.



KELEBIHAN FACEBOOK :

Update status, disini kita bisa menulis apa saja yang sedang kita lakukan, kita rasakan, dimana keberadaan kita, bersama siapa, bahkan yang tidak bisa kita ungkapkan pada orang lain.

Comments
, kita bisa mengomentari apa saja, entah itu status, foto, wall, notes teman kita. Tagging photo, biasanya para pengguna suka meng-upload berbagai fotonya ke dalam account mereka, sama halnya pada Friendster. Dalam facebook, selain meng-upload foto untuk bisa diperlihatkan, kita juga bisa menandai orang-orang yang ada dalam foto tersebut apabila orang tersebut menjadi teman dalam account facebook kita.

Notes & Tagging Notes
, dalam notes kita bisa menuliskan apa saja seperti menceritakan sesuatu, dan notes teersebut bisa kita tandai sama seperti foto juga mengomentarinya.

Chat,
pada jejaring social sebelumnya (Friendster) tidak terdapat aplikasi untuk chating (berinteraksi) melalui media text dengan teman yang juga menjadi teman dalam account kita.

Games,
pada jejaaring social lain tidak disediakan aplikasi games dengan menggunakan account kita, tapi dalam facebook kita dapat memainkan games seperti poker (kartu), pet society, Farmville, mavia wars, dan lain-lain dengan menggunakan account facebook kita.

Group, group ini dapat kita buat sendiri sesuai dengan tujuan orang-orangnya. Maksudnya semua yang memiliki facebook dapat membuat sebuah group yang ditujukan kepada sebuah komunitas atau siapa saja yang inginbergabung untuk mendapatkan informasi tentang group tersebut. Misalnya saja seperti kelas yang memiliki sebuah group facebook, dalam group itu semua mahasiswa yang tergabung bisa memberi/share info apa saja mengenai kelas ataupun kampuss.

Fitur-fitur tersebutlah yang membuat para pengguna facebook betah untuk berlama-lama menggunakannya.
Menurut saya, kelebihan utama dari kepemilikan sebuah account facebook adalah kita bisa menemui kembali teman-teman lama kita, walaupun hanya didalam dunia maya, namun itu akan menjadi hubungan pertemanan yang berlanjut, dengan begitu kita bisa berkomunikasi kembali dengan mereka. Sedangkan,

KEKURANGAN FACEBOOK :

kekurangannya mungkin sebuah account facebook bisa dipalsukan oleh orang lain dengan info/data diri yang tidak benar sama skali yang mungkin akan merugikan orang yang accountnya dipalsukan. Lalu facebook ini bisa menyita waktu sang pemilik account untuk teruss menggunakan (kasarnya memebuat para pengguna terbuai dan tidak peduli dengan tugas/pekerjaannya, bagi para facebookers). Selain itu dari Facebook juga bisa menyebarkan berita yang tidak baik ataupun mengkomentari hal-hal yang berbau SARA, Pornografi, dll...

Kesimpulan
New media merupakan sebuah perantara baru yang tercipta karena interaksi antara manusia dengan computer dan internet.memang kita dapat bebas menggunakan nya namun kita harus mengerti manfaatnya dan menggunakannya dengan benar ,karena new media sangat memberikan pengaruh besar terhadap dunia media massa.
Refrensi  http://jicopicolico.blogspot.com/2010_04_01_archive.html
   http://id.wikipedia.org

0 comments:

Post a Comment


Followers

About Me

Friends

welcome to jhens world selamat datang di jhens world moshi-moshi