MAKSIMALKAN POTENSI MU

MAKSIMALKAN POTENSI  MU

hai para sobat jhen's world kali ini saya mau sedikit share tentang bagaimana memaksimalkan potensi kamu namun sebelum nya saya akan menjelaskan apa sih pontensi itu

yang saya kutip dari wikipedia
POTENSI  merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal.



Sedangkan Menurut "Howard Gardner", potensi yang terpenting adalah intelegensi, yaitu sebagai berikut:
  1. Intelegensi linguistik, intelegensi yang menggunakan dan mengolah kata-kata, baik lisan maupun tulisan, secara efektif. Intelegensi ini antara lain dimiliki oleh para sastrawan, editor, dan jurnalis.
  2. Intelegensi matematis-logis, kemampuan yang lebih berkaitan dengan penggunaan bilangan pada kepekaan pola logika dan perhitungan.
  3. Intelegensi ruang, kemampuan yang berkenaan dengan kepekaan mengenal bentuk dan benda secara tepat serta kemampuan menangkap dunia visual secara cepat. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh para arsitek, dekorator dan pemburu.
  4. Intelegensi kinestetik-badani, kemampuan menggunakan gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan. Kemampuan ini dimiliki oleh aktor, penari, pemahat, atlet dan ahli bedah.
  5. Intelegensi musikal, kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk-bentuk musik dan suara. Kemampuan ini terdapat pada pencipta lagu dan penyanyi.
  6. Intelegensi interpersonal, kemampuan seseorang untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan, motivasi, dan watak temperamen orang lain seperti yang dimiliki oleh seseorang motivator dan fasilitator.
  7. Intelegensi intrapersonal, kemampuan seseorang dalam mengenali dirinya sendiri. Kemampuan ini berkaitan dengan kemampuan berefleksi (merenung) dan keseimbangan diri.
  8. Intelegensi naturalis, kemampuan seseorang untuk mengenal alam, flora dan fauna dengan baik.
  9. Intelegensi eksistensial, kemampuan seseeorang menyangkut kepekaan menjawab persoalan-persoalan terdalam keberadaan manusia, seperti apa makna hidup, mengapa manusia harus diciptakan dan mengapa kita hidup dan akhirnya mati.

namun menurut sudut pandang saya POTENSI merupakan sebuah modal mutlak yang dimiliki setiap individu yang diberikan TUHAN sejak lahir dan akan berkembang bila terus digali dan dilatih.

namun tak banyak orang yang sadar akn potensi yang terdapat di dalam dirinya,karena seringkali orang tersebut lebih berfokus pada kelemahannya dan merasa tidak ada sesuatu yang menarik dalam diri nya hingga akhirnya dia menganggap semua hal membosankan jadi bila anda dari kalangan orang tersebut mulailah untuk berubah dan mungkin beberapa tips dibawah ini bisa membantu kita untuk menemukan potensi kita bahkan memaksimalkannya.

1.Yakin
    Hal yang paling sering membuat kita bosan adalah ketidakyakinan(tidak percaya diri) bahwa kita itu punya sesuatu yang menarik di dalam diri kita yang TUHAN tanamkan sejak kita lahir,maka dari 
itu mulailah unuk meyakinkan diri anda bahwa anda itu MENARIK,UNIK serta PRODUK YANG BERPOTENSI dan percayalah bahwa banyak hal yang bisa lakukan dan banyak kesuksesan juga yang bisa anda dapatkan ketika anda YAKIN dan SERIUS.

2.MENCOBA BANYAK KEGIATAN POSITIF
  Ketika anda sadar dan mulai yakin bahwa anda memiliki POTENSI mulailah berkemas dan persiapkan banyak daftar kegiatan yang mungkin anda bisa ikuti demi mencari potensi anda,jangan pernah lelah untuk mencari karena POTENSI itu seperti harta karun yang bila ditemukan akan sangat luar biasa keuntungan nya.

3.LIHAT HAL YANG ANDA GEMARI
   Lalu lihat apakah dari beberapa kegiatan yang anda lakukan apakah ada hal yang anda benar-benar gemari bahkan anda merasa anda telah menemukan emas tersebut dan anda suka ketika anda melakukannya, namun bila belum teruslah mencari hingga akhirnya anda berkata 'INI DUNIA GUE!".

4.TETAP FOKUS
   Setelah anda menemukan potensi anda maka tetaplah fokus dan konsisten pada apa yang anda kerjakan dan mulailah unuk serius jangan cepat menyerah ketika anda melihat orang lain berhasil sedangkan anda belum dan bahkan anda malah gagal,mulailah berfikir bahwa potensi anda adalah kesuksesan anda dan bukan kesuksesan orang lain.ibarat seperti tanaman buah ketika anda setia merawatnya maka ia akan semakin besar dan menghasilkan buah yang menguntungkan.

5.BERDOALAH
   Tips terakhir yang paling saya sarankan yaitu berdoalah mintalah pada yang memberi potensi untuk semakin membantu anda mengembangkan potensi anda,serta mintalah agar hal tersebut dapat berguna bagi banyak orang disekeliling anda. PERCAYALAH BAHWA TUHAN TIDAK PERNAH MENYERAH UNTUK ANDA JADI TIDAK ADA ALASAN UNTUK ANDA MENYERAH DAN BERKATA SAYA TELAH KALAH DAN GAGAL.

percayalah bahwa anda sedang berjalan menuju KESUKSESAN ketika anda terus MAJU ,karna KESUKSESAN MU ada pada PILIHAN MU DAN TUHAN.
trimakasih semoga bermanfaat.
Bye all




0 comments:

Post a Comment


Followers

About Me

Friends

welcome to jhens world selamat datang di jhens world moshi-moshi